gunawan
Blog Universitas Komputer Indonesia
Daftar Blog Lainnya
Kategori
Alexa Rank

perkembangan dan pemanfaatan teknologi

perkembangan dan pemanfaatan teknologi
Perkembangan dan Manfaat Teknologi Komunikasi Mobile
        
     Seperti yang sudah kita ketahui di Era saat ini kita sudah merasakan Perkembangan Teknologi yang sangat pesat dan berkembang cepat. Diantaranya salah satu Teknologi Komunikasi yang berkembang ialah Teknologi Komunikasi Mobile, awal mulanya Telepon di temukan oleh Alexander Graham Bell. Hingga saat ini Komunikasi Mobile semakin berkembang, dimulai dengan tahun 1996 merupakan puncak nya perkembangan Komunikasi Mobile seperti Telepon, Pager dan HP. Bagaimana cara kita mendefinisikan dan memahami teknologi mobile tersebut? Ya, dengan kita mengetahui perkembangan yang terjadi pada komunikasi mobile sejak tahun 1978 dengan berdirinya penggunaan AMPS. Hingga EDGE saat ini yang diperkenalkan. Sudah mendefinisikan Teknologi Komunikasi Mobile yang dengan melalui jaringan sinyal tersebut, yang gunanya untuk mengirimkan data- data yang diperlukan dari HP yang disebut Mobile tentunya dengan kecepatan yang semakin besar.
       Perkembangan Teknologi Komunikasi pada masa lalu hingga kini, dimulai dengan adanya penggunaan 1G, ini merupakan tanda dari perkembangan Komunikasi Mobile, tetapi pada masa ini 1G merupakan generasi pertama yang muncul dan masih buruknya percakapan yang ditimbulkan oleh pengguna 1G ini. Tetapi dari awal inilah teknologi handphone canggih bermunculan. Selanjutnya generasi ke-dua 2G, ini merupakan lanjutan dari 1G. Pada pengguna 2G ini komunikasi yang berjenis SMS (pesan singkat) sudah dapat di lakukan walaupun masih terbatas dalam pengiriman data nya. Generasi Selanjutnya 2.5G, pada era ini merupakan masa transisi sebelum beralih ke 3G pada era 2.5G menawarkan kapasitas dari transmisi sebuah data yang lebih besar. Dan pada era ini dikenal dengan layanan GPRS dengan pengiriman data yg memiliki kecepatan 56kbps-115kbps. Selanjutnya teknologi 2.75G yang pada teknologi ini merupakan masa transisi sebelum menginjak ke 3G. Pada era ini teknologi tersebut muncul dengan istilah EDGE  merupakan data yang berbasis (Enhanced data for global evolution) yang dengan kecepatan yang semakin tinggi, yatu 236.8 kbps. Setelah itu munculah masa transisi teknologi 3G, di era ini menawarkan kecepatan data yang lebih dan cepat sekaligus canggih, teknologi 3G ini dapat berupa video conference dapat melakukan downoad lagu dsb. Akses kecepatan internet juga tinggi hingga dapat streaming audio video. Selanjutnya teknologi 3.5G merupakan transisi menuju ke 4G. Teknologi pada masa ini memiliki kecepatan yang semakin tinggi, dapat Meng Upload, dan mendownload dengan kecepatan yang mencapai 5.8mbps untuk mengupload dan transfer data yang dipake ialah HSPA. Teknologi terakhir ialah 4G, pada teknologi ini berbasis layanan aman dan berbasis IP yang disebut Internet Protocol. Internet dengan kecepatan 00mbps dengan streaming, dan bisa melakuan game online. Yang pertama pengembangan LTE dan yang kedua ialah pengembangan Wifi. Ini semua merupakan masa kemajuan dari Teknologi Mobile dari 1G hingga 4G. 
       Setelah mengetahui perkembangan dari Komunikasi Mobile tersebut, selanjutnya konsep Komunikasi apa yang diberikan oleh teknologi tersebut. Konsep nya ada pada manfaat dari poemakaian komunikasi mobile tersebut. Tentunya konsep yang diberikan untuk memudahkan khalayak dalam mengirim data atau mengupload dan mendownload dengan data yang cukup besar dan tinggi.  Serta dapat mewujudkan harkat dan martabat manusia. Dengan menggunakan teknologi komunikasi mobile tersebut. Dan peran teknologi tersebut dalam komunikasi yaitu memiliki keuntungan bagi publik untuk menggunakan teknologi mobile dengan mudah, ditunjang dengan adanya 3G hingga 4G saat ini yang memiliki kecepatan yang tinggi untuk mengunduh data data ataupun mengirim pesan dengan panjang, dan tak perlu memakan waktu yang lama untuk mengirim data data tersebut. Dikarenakan adanya teknologi 3G dan 4G itu. Contoh atau konteks dalam komunikasi di Indonesia ialah pada saat ini sudah banyak masyarakat yang menggunakan Teknologi Mobile untuk kepentingan nya masing-masing, dengan bermunculannya HP canggih dan Teknologi 3G dan 4G didalam nya dapat memiliki konteks bagi pengguna komunikasi mobile untuk memumdahkan mereka mentransfer data atau mengirim dan menerima data yang masuk. Yang jaman dulu masih menggunakan teknologi 1G yang masih terdapat gangguan dan ketidaknyamanan para konsumen memakai nya, hingga kini muncul teknologi 3G dan 4G. Dalam contoh konteks dimana masyarakat sudah memiliki HP dan lain sebagainya yang termasuk komunikasi mobile. Tentunya memiliki perasn nya masing-masing dan memudahkan para konsumen untuk menggunakannya.
       Manfaat komunikasi mobile dalam prsonal, komunikasi mobile saat ini memiliki peranan dan manfaat yang penting, seperti yang sudah kita ketahui sudah banyak pengguna teknologi mobile ini yang sudah memakai teknologi ini dengan alasan tertentu. Selain untuk dapat mengirimkan SMS pesan singkat, manfaat Teknologi Mobile dalam personal seperti memudahkan para penggunanya untuk mengirimkan pesan yang panjang dan penting atau bersifat formal. Dengan menggunakan Teknologi mobile ini tidak perlu menggunakan komputer untuk mengirimkan pesan, cukup di seluler yang kita miliki saja sudah dapat mengirimkan sebuah pesan ke internet. Dan memudahkan kita untuk membrowsing dari teknologi mobile, atau mengupload dari mobile mereka masing-masing apalagi sekarang sudah dipakainya layanan jaringan 3G. Dapat melihat siaran televisi juga di Mobile kita atau mendengarkan radio dan streaming juga dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi komunikasi mobile ini. Ini memiliki manfaat yang sgt besar. Manfaat bagi pembisnis, tentu mengalami manfaat yang tinggi juga. Para pembisnis dapat mengupload produk produk mereka yang akan di tampilkan di account mereka dengan mengupload video dengan menggunakan Komunikasi Mobile, teknologi mobile ini tidak membuat ribet para pembisinis nya. Manfaat dalam komunikasi tentunya sudah tidak diragukan lagi, dengan adanya teknologi ini semakin mudahnya kita untuk berkomunikasi dengan orang lain, dengan menelfon ataupun menggunakan 3G video call yang dapat dilakukan di teknologi mobile ini.
          Perubahan perilaku konsumen dengan adanya teknlogi komunikasi mobile ini, memiliki perubahan yang besar, konsumen tidak teringgal zaman dengan perkembangan yang ada saat ini. Konsumen dapat menggerakan teknologi ini dan mengoperasikan teknologi mobile ini yang sangat bermanfaat bagi kita. Pemanfaatan Mobile dalam akses iternet juga memiliki peran yang tinggi, dengan adanya teknologi mobile kita tentunya saat ini dapat mengakses internet dengan menggunakan Teknologi Komunikasi Mobile yang kita punya (HP) sekarang dengan menggunakan HP saja orang sudah dapat mengakses internet dengan kecepatan nya yang lumayan tinggi. Untuk membrowsing, mengupload ataupun mendownload apapun yang kita inginkan dengan menggunakan Teknologi Komunikasi Mobile ini. Dengan dibantu teknologi 3G dan 4G yang membantu kecepatan dalam mengakses internet dalam Teknologi Mobile.
Era web 2.0 dengan slogan “It’s Social”-nya ternyata dibarengi pula oleh teknologi komunikasi mobile.  Kata ‘mobile’ itu sendiri bisa diartikan dengan bergerak.  Komunikasi mobile artinya siapa saja bisa berkomunikasi kapan pun dan dimanapun dengan jaringan komunikasi yang selalu ada dan seolah-olah ikut ‘bergerak’ bersama  pemakainya kemanapun.  Jaringan komunikasi mobile ini hanya bisa dilakukan dengan didukung oleh perangkat komunikasi mobile, yaitu handphone, smartphone yang kini sudah merupakan kebutuhan utama masyarakat dalam komunikasi.  Sistem komunikasi bergerak itu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mobile.  Dengan daerah pelayanan yang luas maka penggunanya dibagi menjadi cakupan yang lebih kecil yaitu cell. Telepon genggam yang dulu hanya terbatas untuk mengirim sms dan melakukan panggilan dimana saja, maka sekarang berkembang menjadi handphone yang lebih canggih dan pintar disebut smartphone.
Untuk berkomunikasi secara mobile maka digunakanlah jaringan komunkasi tertentu. Terdapat arsitektur jaringan GSM (Global System for Mobile Communication), jaringan CDMA (Code Division Multiple Access), dan 3G.
Pada GSM, jaringan komunikasi yang digunakan adalah dengan metode Time Division Multiple Access (TDMA). TDMA akan mengijinkan sebuah saluran diakses oleh beberapa pemakai.  GSM menggeser teknologi komunikasi mobile analog yang populer sekitar  1980-an. GSM menggunakan sistem sinyal digital dalam transmisi datanya sehingga kualitas data atau bit rate dapat lebih banyak dibanding analog.  Ada 3 kelompok GSM yaitu GSM 900, 1800, dan 1900 yang dibedakan atas lokasi band frekuensinya. Handphone yang kita pakai sehari-hari adalah aplikasi dari penerapan GSM.
Arsitektur jaringan GSM ada 4 yaitu Mobile Station (MS) untuk melakukan pembicaraan, Base Station Sub-system (BSS) untuk menerima dan mengirim sinyal, Operation and Support-System (OSS) untuk pusat pengendalian, dan Network Sub-System (NSS) untuk switching, interface antar GSM, dan untuk memanajemen jaringan.
Tetapi ternyata kapasitas GSM tidak mampu mencukupi permintaan konsumen akan sambungan komunikasi. Oleh karena itu CDMA yang berkapasitas 4 – 5 kali jaringan GSM dengan metode akses TDMA hadir sebagai suatu alternatif. Radio Network (RN) untuk memutuskan dan memelihara hubungan dengan packet data , Home Agent (HA) untuk mengusahakan agar Internet Protocol dapat meneruskan paket ke Packet Data Serving Node , dan Mobile Switching Center (MSC) untuk menyimpan seluruh data pelanggan. Ketiga hal tersebut adalah sistem yang membedakan dengan GSM.
Pada jenis 3G, jaringan layanannya menggunakan Broadband Integrated Services Digital Network (BISDN). Inilah jaringan yang digunakan untuk mengakses internet, kualitas suara, data, dan gambar yang baik, frekuensinya berlaku di seluruh dunia, memiliki kesesuaian layanan pada jaringan kabel lain, dan kemampuan berevolusi ke sistem nirkabel berikutnya. Konsep dasar jaringannya adalah WCDMA yang berbasis packet services. Standar bandwith yang dipakai sebesar 5 Mhz dan dapat ditingkatkan hingga 20 Mhz.
Generasi telekomunikasi mengalami perkembangan dari 1G hingga 4G.
Generasi 1G ditandai denga adanya pengembangan sistem analog berkecepatan rendah yaitu teknologi AMPS (Advanced Mobile Phone System) dengan band frekuensi 800 Mhz . Tidak boleh ada 2 pengguna yang menggunakan kanal sama baik dalam 1 sel maupun dalam sel tetangganya. Handphone yang ada berukuran besar dan membutuhkan daya besar.
Generasi 2G (GSM dan CDMA) yang menggeser teknologi AMPS. GSM yang merupakan penggabungan antara FDMA dan TDMA. Sedangkan pada CDMA terdapat kode tertentu untuk membedakan pengguna pada frekuensi yang sama.Generasi 2,5 G adalah generasi yang ditandai dengan adanya GPRS dan pemakaian EDGE.
Generasi 3G merupakan generasi ketiga berkecepatan tinggi.  Ditandai dengan kemunculan teknologi UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) yang bertujuan untuk memberikan kecepatan akses data lebih baik dibanding GPRS – EDGE – GSM.
Generasi 3.5 G ditandai dengan munculnya teknologi untuk mengakses internet yang lebih cepat yaitu HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).
Terakhir adalah generasi 4G ditandai dengan layanan akses internet yang lebih lengkap dengan basis Internet Protocoldan adanya pengembangan WiFi dan WiMax.
Manfaat komunikasi mobilebagi personal yaitu semakin mempermudah kita untuk berkomunikasi. Tidak hanya melalui pesan singkat atau panggilan saja tetapi juga bisa mengirimkan data berupa audio dan visual dengan lebih baik. Komunikasi mobilejuga semakin mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi yang cepat berkat akses internet di tangan. Updateinformasi terbaru mudah didapat dan diikuti perkembangannya. 48% pengguna internet mengaksesnya melalui mobile phone. Akses yang mudah dan bisa dimana saja membuat masyarakat lebih menyukainya.
Dalam dunia bisnis tentunya akan mempermudah para pebisnis untuk memantau perkembangan bisnisnya baik lokal, nasional, dan internasional. Selain itu, iklan produk mereka akan mudah disebarluaskan kepada masyarakat melalui jaringan internet mobile yang pastinya mudah diakses oleh masyarakat. Di dunia politik, teknologi mobile berperan dalam survey masyarakat, sarana pemilihan non kritis, alat penentuan kebijakan publik.
 Perubahan perilaku konsumen dapat dilihat dari perubahan mereka dalam mengikuti teknologi yang ada. Perilaku konsumen berubah-ubah sesuai dengan perkembangan teknologi yang diusung, bertahap dari 1G hingga 4G. Buktinya, dulu masyarakat belum banyak yang memiliki handphone, tetapi begitu banyak yang memilikinya dan melakukan komunikasi mobile melalui handphone maka lambat laun masyarakat menyesuaiakan diri dengan kenyataan tersebut. 
Kini, keberadaan handphone sudah digantikan oleh smartphone yang semakin berkembang dengan teknologi web 2.0. Ketika banyak yang mengakses internet, berkomunikasi melalui smartphone seperti melalui Blackberry Messeger, iMessage maka smartphone itulah yang akan laku dipasaran. Akan banyak pengguna yang tidak ingin ketinggalan. Yang satu berkomunikasi melalui Blackberry Messeger, yang lain juga akhirnya mengikuti cara dan gaya berkomunikasi yang sama. Perubahan perilaku konsumen ini terjadi juga berkat dorongan/pengaruh iklan yang merebak di internet (yang juga bisa diakses melalui mobile phone). Oleh karena itu, perilaku konsumen akan terus berubah dan berkembang seiring perkembangan teknologi. []
Seiring dengan berjalannya waktu, aktivitas manusia pasti semakin banyak dihabiskan di luar rumah. Untuk berkomunikasi, beraktivitas, ataupun berbisnis  sudah bukan zamannya lagi harus diam disuatu ruangan, lalu baru melakukan aktivitas. Yang ada kita rugi waktu atau bahkan uang! Oleh karena itu, untuk mengatasi semua aktivitas tersebut, kebutuhan akan teknologi komunikasi mobile sudah tidak dapat disangkal lagi.
Saat ini, teknologi komunikasi mobile sudah beraneka ragam, lho fungsinya. Tidak hanya untuk nelpon atau sms aja tapi sudah bisa dengar lagu, rekam video, bahkan internetan. Dan fungsi yang terakhir inilah yang dapat membantu kita untuk bekerja, beraktifitas dan juga berbisnis. Ntah mengapa, semakin hari kebutuhan manusia akan jaringan internet semakin tinggi. Nah, karena itulah teknologi komunikasi mobile ini berkembang dan perkembangannya ini disebut generasi. Dalam perkembangannya, teknologi komunikasi mobile sudah ada empat generasi. Jarang memang, tapi untuk generasi ketiga (3G), sudah tidak asing bukan?
Ya, kata 3G pasti sudah tidak asing. Karena saat munculnya generasi ketiga ini sempat menjadi fenomena bagi dunia teknologi komunikasi mobile. Namun, bukan berarti generasi yang muncul langsung generasi ketiga. Generasi satu (1G), generasi kedua (2G) ada juga kok. Hanya saja pamornya tidak sebesar generasi ketiga ini. Tetapi walaupun tidak sekuat pamor 3G, generasi kedua adalah generasi yang umumnya dipakai oleh teknologi komunikasi mobile. Hanya saja bukan 2G-nya yang dikenal melainkan GSM (Global System for Mobile).
GSM merupakan teknologi komunikasi digital yang umumnya diterapkan dalam telepon genggam. Dengan mengandalkan gelombang mikro, jaringan GSM merupakan jaringan yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Nah, dalam teknologi GSM, ada elemen-elemen jaringannya seperti Mobile Station (MS): perangkat GSMnya dan juga SIM (Subcriber Identity Module);Base Station System yang terdiri atas BTS (Base Transceiver Station) dan BSC (Base Station Controller). Nah, biasanya untuk meningkatkan kualitas signal, para perusahaan teknologi memperbanyak BTS-nya lho. Setelah itu, dijamin signalnya kuat! Setelah BSS, ada juga Network Sub System (NSS), dan yang terakhir ada yang namanya OSS (Operation and Support System).
Tidak sampai disitu, teknologi generasi kedua ini juga dikembangkan ke generasi 2.5 lho! Dan para pengguna blackberry, pasti sudah tidak asing dengan istilah GPRS (General Packet Radio Service). Teknologi 2.5G ini adalah teknologi ‘lanjutan’ dari GSM agar pengiriman dan penerimaan datanya lebih cepat.  Alhasil, kita bisa menggunakan sistem GPRS untuk terhubung dengan internet dan juga kita bisa saling share foto, video dengan layanan MMS (Multimedia Messaging Service). Selain GPRS, tentu kita juga mengenal EDGE (Enhanced Data Rates for GSM Evolution). Perkembangan dari generasi kedua yaitu 2.75G, ini menawarkan 3x kecepatan GPRS yakni 384kbps.
Setelah generasi 2.75 tersebut muncul, perkembangan tetap dilakukan demi menjawab dan mengatasi kebutuhan komunikasi mobile yang semakin kuat. 3G adalah perkembangan selanjutnya. Pada saat kemunculannya pertama kali, sering kali masyarakat mengira 3G adalah sarana untuk melakukan video call. Karena waktu itu, perangkat 3G merupakan perangkat yang mempunyai dua kamera, yakni depan dan belakang. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat akhirnya mengerti kalau video call itu merupakan fasilitas yang dapat digunakan karena 3G merupakan teknologi nirkabel yang mempunyai kecepatan data yang lebih baik dari GPRS. 3G atau biasa disebut UMTS (Universal Mobile Telecommunication System) tidak hanya untuk video call saja, tetapi 3G dapat diunggulkan untuk berinternetan ria juga untuk download-download seperti lagu, dokumen, dan lain-lain. Sama seperti 2G, 3G juga mempunyai perkembangan kecil dalam hal kecepatan transmisi datanya, 3.5G yang dikenal dengan istilah HSDPA-nya atau High Speed Downlink Packet Access. Dan saat ini, 4G muncul dan mulai menarik banyak orang karena kecepatan transmisi datanya yang tinggi, yaitu 100Mbps hingga 1Gbps dengan kualitas premium dan dijamin keamanannya. Namun coverage 4G di Indonesia ternyata belum merata diseluruh Indonesia.
Kehadiran teknologi komunikasimobile ini mempunyai manfaat yang besar bagi personal bahkan bagi bagi Negara. Jelas bagi personal, komunikasimobile dapat membantu kita untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan teman, orang tua, atau siapapun tanpa mempermasalahkan perbedaan jarak. Selain itu, komunikasi mobile ini juga memberi hiburan dengan memberikan fasilitas file sharing maupun multiplayer games. Di dunia bisnis, teknologi komunikasimobile ini memberikan ruang kepada pengguna untuk meningkatkan produktifitas pekerjaan. Karena mereka dapat tetap terhubung dengan koneksi internet yang umumnya para pebisnis menggunakan email mereka sebagai media komunikasi formalnya. Selain meningkatkan produktifitas, teknologi komunikasimobile dapat meingkatkan pelayanan kepada klien atau konsumen lebih cepat seperti pelayanan mobile online atau Live Chat ke operator.
Contoh fitur Online Mobile Service membuktikan bahwa teknologi komunikasi mobile cenderung dimanfaatkan sebagai sarana untuk akses internet. Dengan kecanggihan teknologi broadband yang sudah tertanam dalam smartphone masa kini, kita bisa menggunakan akses internet dimana saja, kapan saja. Hal ini terkadang membuat perilaku orang berubah yaitu menjadikan perangkat teknologi komunikasi mobile mereka seperti nyawa mereka, seperti saat seseorang ketinggalan blackberry contohnya, rata-rata orang tersebut akan balik untuk mengambilnya atau kalau tidak mereka akan mengalami yang namanya mati gaya. Inilah yang seharusnya dikelola agar pola pikir tersebut tidak tertanam kuat pada banyak orang. Namun, pola pikir yang menjadikan teknologi sebagai media tambahan untuk membantu aktivitas kita.
Telekomunikasi sudah kita dalami dan punya kelebihannya sendiri.  Televisi serta radio juga sudah selesai dibahas dengan segala pro-kontranya.  Internet  ? Apalagi.  Lalu, bagaimana caranya jika saya ingin memiliki teknologi canggih seperti diatas itu dan terangkum jadi satu alat ? Apa yah namanya ? Ada yang tahu ? BETUL.  Dialah mobile phone.  Seperti kita tahu, perkembangan mobile phonesekarang ini sudah sangat cepat.  Para produsen pun semakin mengeluarkan varian yang senantiasa memuaskan pelanggan.  Lalu, apa saja sih yang disediakan oleh mobile phone itu sendiri ?  Bagaimana perkembangannya dari 1G hingga 4G ? Manfaatnya ? Simak bahasan berikut ini. 
            Tentunya kita tahu, teknologi sekarang ini sudah seperti kebutuhan dasar manusia.  Jika dulu hanya ada tiga (sandang, pangan, papan) maka sekarang menjadi empat dengan adanya teknologi. Salah satu contoh alatnya yang (masih) berkembang adalah mobile phone atau biasa kita sebut HP.   Mulai dari golongan atas sampai tengah kebawah pun menggunakan jasanya.  Dahulu, HP masih belum populer dan masih jarang digunakan.  Entah kenapa, justru banyak orang lebih tertarik memakai pager. 
Dimulailah perkembangannya pada tahun 1996, dimana teknologi HP mulai berkembang.  Layar yang dulunya monochrome (hitam-putih) sudah mulai berwarna.  Lalu, bermunculan lah software-software penunjang.  Masuk ke milenium 2000, mulai bermunculan fasilitas canggih lainnya.  Pengiriman gambar via HP (MMS) sudah bisa dilakukan.  HP dengan MP3, camera, dan faslitias video pun mulai mengundang penggemar.  Sekarang ? Apalagi.  Fitur-fitur dan aplikasi yang ada sudah harus terkoneksi dengan internet seperti Facebook, Twitter, maupun BBM.  Itu semua harus sudah tersedia  pada mobile phone, terlebih lagi untuk pengguna anak muda.  Harganya tentu lumayan ‘meriah’ jika ingin mendapatkan fasilitas yang wah dan koneksi internet yang canggih.  Lantas, bagaimana mereka yang hanya memiliki kantong pas-pasan dan ingin menikmati internet juga ? Tenang, masih ada mobile web
Salah satu fungsi yang ditawarkan oleh mobile web adalah kecanggihannya yang dapat mengakses data.  Akses yang dilakukan dapat dilakukan seacar wireless atau tanpa kabel dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti, smartphone, tablet dan perangkat lainnya.  Perkembangan ini dimulai pada tahun 2005 dan dipaparkan oleh W3C dengan tujuan agar web bisa dengan mudah diakses oleh perangkat mobile sama halnya seperti mereka mengakses dari sebuah PC. 
            Awalnya, mobile web sulit berkembang.  Namun, seiring perkembangan Web 2.0, mobile web pun semakin canggih.  Hal itu didukung dengan berkembangnya situs-situs sosial yang ada.  Dalam mobile web sendiri, ada sebutan yaitu Mobile Web 2.0.  Hal itulah yang menjadi sarana kita sehari-hari untuk mengakses youtube, facebook, dan media sosial lainnya di dalam Hp (mobile).  Tentunya, hal itu tidak lepas dari perkembangan teknologi wireless yang ada.  Mulai dari 1G hingg sekarang yang paling canggih 4G. 
            Pekembangan teknologi wireless ini diawali oleh 1G.  Diawali dengan alat yang bisa dibawa kemana saja seperti telpon, sekitar tahun 70-an  terbentuklah telepon bergerak yang dikenal sebagai generasi pertama (1G).  Ketika itu sebuah telepon hanya bisa menelepon.  Layanan suara analog menjadi keunggulannya.  Model yang kaku dan kecepatan yang lamban menjadi kekurangannya.  Bayangkan jika dipakai dizaman modern ini.  Tentu model seperti itu tidak akan laku. 
Permintaan konsumen yang semakin bervariatif mendorong munculnya 2G.  Pada 2G sudah dikenalkan pertukaran data meskipun masih dalam kapasitas yang rendah (14,4 kbps).  Sekarang ini kita menyebutnya dengan SMS.  Keunggulannya berbagai macam seperti voice mail, maupun call waiting.  Energi yang dibutujkan untuk mendapatkan sinyal pun hanya sedikit dan kita dapat menghemat baterai.  Kelemahannya masih sama dengan sebelumnya, yaitu kecepatannya masih rendah. 
            Tidak seperti 1G ke 2G.  Sebelum mencapai 3G, masih ada 2,5G dan 2,75G.  Untuk 2,5G dibagi dalam dua bentuk.  Untuk GSM dalam GPRS, sedangkan untuk CDMA dalam CDMA2000 1x.a.  Kelebihan 2,5G adalah meningkatnya kecepatan dalam mentransfer data hingga sebesar 115 kbps.  Selanjutnya, generasi 2,75G.  Kecepatan digenerasi ini sudah semakin bertambah (237 kbps) yang diperkenalkan di Amerika Serikat pada 2003.  Tentu saja kelebihannya adalah kecepatan yang dimiliki lebih cepat daripada pendahulunya. 
            Selanjutnya generasi 3G.  Pengembangnya adalah sebuah kelompok yang ahli dalam bidah wireless di dunia.  Kelebihannya ada berbagai macam seperti kecepatan yang sudah mencapau 144 kbps – 2 mbps, kemampuan multimedia messaging, MPEG-4 video, serta akses internet kecepatan tinggi.  Kecepatan seperti itu sudah sangat mumpuni bagi anda yang ingim video streaming.  Selain itu, kualitas suaranya sudah lebih bagus, keamanan juga demikian. 
            Sampailah di generasi terakhir dan tentunya paling mutakhir yaitu 4G.  Pada generai ini, kita akan ditemani oleh koneksi yang selalu siap kapan, dimana dan dengan perangkat apa saja.  Bisa disebut ini adalah “dewanya” dewa.  Teknologi wireless yang canggih pada generasi awal semakin lengkap dengan adanya 4G.  Kecepatan tentunya bertambah > 10Mbps yang awalnya hanya 2Mbps.  OFDM dan Multi Carrier lah teknologi yang membawahinya.  Penggunannya pun baru di Jepang saja yang notabene sudah maju negaranya.  4G bertujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi bukan hanya sistem seluler saja tetapi jugaWiFi dan Wi Max.  Tujuan sebenarnya dalah untuk memuaskan hasrat para penggunanya. 

            Konsep yang digunakan pada sistim mobile ini adalah Shanon Weaver.  Tentu saja itu identik dengan transfer data yang masih menggunakan sinyal dan perlu dikonversi agar diterima dengan baik oleh receiver diseberang sana. 
            Manfaatnya pun beragam dan sudah tidak terpisahkan lagi dengan hidup kita.  Betul, untuk berkomunikasi.  Ada selentingan, “lebih baik gw telat ke kantor, daripada lupa bawa hp”.  Transfer data pun semakin mudah dan tidak perlu menunggu lama.  Seringkali kendala biaya menjadi penghambat.  Namun, untuk sekarang tidak, karena para produsen sudah mampu menyediakan barang dengan harga terjangkau dengan kualitas bagus.
Ada sebuah kasus diajang seleksi penyanyi terbaik Indonesia.  Ketika sedang mengantri, panitia berteriak, bagi anda yang memiliki hp ***** boleh maju duluan.  Suatu keuntungan bukan ? Bagi anak kos, tentu saja alarm lah yang paling penting.  Bisnis ? Lebih praktis dan efisien dengan sebuah kendali di tangan.  Bahkan sekarang sudah ada mobile banking, GPS dan hal lainnya.  Update berita pun bisa dengan satu klik saja. 
            Berbeda dengan kasus seperti ini.  Seorang pebisnis meninggal tertabrak ketika sedang berbicara dengan rekan bisnisnya.  Untung apa buntung ? Komunikasi ? Use it wisely !
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 27 Maret 13 - 21:33 WIB
Dalam Kategori : TEKNOLOGI
Dibaca sebanyak : 1691 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback